Skip to main content

16 Tenses Bahasa Inggris

Definisi Tense & Time

A tense, atau dalam bentuk jamaknya:"tenses" dapat diterjemahkan dengan "bentuk waktu". Apa maksudnya "bentuk waktu" dan kenapa dikatakan demikian.
Kita mengenal 3 dimensi waktu. Dimensi waktu ini disebut dengan "time", yakni: waktu sekarang, waktu yang akan datang dan waktu lampau.
Mengacu pada 3 dimensi waktu tersebut, berarti ada 3 bentuk waktu utama yaitu:
  1. Waktu lampau (past time)
  2. Waktu sekarang (present time)
  3. Waktu yang akan datang (future time).
Selanjutnya, ketiga jenis waktu diatas "dipecah-pecah" menjadi beberapa bentuk yang disebut dengan dengan "bentuk waktu" atau "tense".
Dalam tata bahasa bahasa inggris (Grammar bahasa inggris), bentuk waktu yang telah dipecah-pecah tadi terdiri atas 16 bentuk waktu dan sering disebut dengan 16 tenses. Jadi, 16 tenses adalah pecahan dari 3 jenis waktu tadi.




16 Tenses

Grammar bahasa inggris mengenal 16 bentuk waktu. Setiap bentuk waktu memiliki karakter dan kegunaan tersendiri berdasarkan situasi, kondisi, dan keunikan dalam penerapannya (Use of tenses).
Sebagai contoh; simple present tense - bentuk waktu yang pertama dalam urutan 16 tenses - digunakan manakala kita ingin berbicara segala hal yang berkaitan erat dengan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari, rutinitas, dan segala hal yang berbau "kebenaran(general truth)" yang diakui secara umum.

Contoh:

I always get up early in the morning.
(Saya selalu bangun lebih awal di pagi hari)

I work hard to earn much money
(Saya bekerja keras untuk mendapatkan banyak uang).

One and one is two.
(Satu tambah satu sama dengan dua).

Ketiga contoh diatas biasa digunakan di bentuk waktu simple present tense oleh karena mengandung; kebiasaan (habitual action) berupa; /always get up early/, aktivitas sehari-hari (daily routine) berupa; /work hard/, dan kebenaran yang diakui secara umum oleh mayoritas orang yakni; 1 + 1 = 2 (general truth).

Dari ilustrasi singkat diatas nyatalah sudah bahwa simple present tense yang sekaligus menjadi bentuk waktu pertama dari 16 tenses yang ada memiliki kegunaan tersendiri yang membedakannya dengan bentuk waktu lainnya seperti; simple past tense, present perfect, present continuous tense, dsb.






Comments

Popular posts from this blog

Simple Present Tense

Definisi Simple Present Tense Simple present tense adalah sebuah bentuk waktu (a tense) yang menggambarkan bentuk-bentuk kegiatan (activity) atau perbuatan (action) yang berhubungan dengan waktu sekarang (present time). Kegunaan /Fungsi Simple Present Tense Pola Kalimat & Rumus Simple Present Tense Simple Present Tense bentuk Nominal Simple Present Tense bentuk Verbal